Blogger templates

Selasa, 22 November 2011

Memaksimalkan Ruang Berukuran Mungil/Kecil

MERANCANG kembali atau merenovasi ruang keluarga yang berukuran kecil merupakan sebuah tantangan. Apakah Anda tinggal di apartemen atau landed house, mendekorasi ruang keluarga nan mungil membutuhkan perencanaan yang matang, kreativitas,dan imajinasi yang bagus.

Namun jangan salah,bukan berarti Anda tidak dapat menyapukan nuansa warna yang tengah trendi saat ini. Anda tetap bisa membuat ruang keluarga bergaya,ramah, dan nyaman dengan menggunakan warna-warna tertentu.Karena menggunakan warna tersebut untuk cat dinding dapat membangkitkan suasana hati dan perasaan lebih terhadap ruang.Yang paling penting,ada beberapa warna yang dapat membuat sebuah ruang keluarga kecil tampak lebih besar daripada yang sebenarnya.

Misalnya nuansa putih klasik. Warna yang paling populer, masih putih atau off-white karena membuat ruangan terlihat sangat besar dan membuat potongan-potongan kecil seperti lampu dan meja terlihat lebih besar.Sementara skema warna putih dapat berakibat risiko untuk terlihat serupa dan membosankan di ruang lain,sebuah ruang keluarga kecil bisa mendapatkan keuntungan dari efek terangnya dinding putih.

Hal ini memiliki manfaat praktis untuk menjaga ruang kecil berasa sejuk selama cuaca panas,yang murah serta dapat menjadi “kanvas kosong” besar untuk menempatkan aksesori berwarna-warni.Warna lain adalah warna-warna bumi yang konservatif dan menambah kehangatan di dalam rumah.Anda harus menggunakan warna bumi yang terang pada ruang keluarga kecil karena pada umumnya dinding yang bercahaya membuat ruangan kecil terasa lebih besar.

Warna bumi yang disarankan adalah warna pasir,cokelat, atau kelabu tua.Menggunakan warna tersebut pada langit- langit dan dinding menciptakan kontinuitas.Anda juga dapat menambahkan aksen pada dinding dengan nuansa oranye,perunggu, mustard, atau emas untuk “definisi dan skala”.Hindari cokelat tua karena dapat menguasai ruang dan perabotan. Bisa juga Anda sapukan warna biru.

Biru adalah warna yang keren dan paling sering dikaitkan dengan gaya French country,Victoria, dan desain laut.Warna ini menggambarkan tradisional,formal,dan menenangkan.Baik biru terang maupun biru gelap dapat membuat sebuah ruang keluarga kecil terlihat lebih besar. Pengecatan tembok dengan warna gelap atau tua akan membuat dinding kelihatan sempit dan seolah-olah bergerak mendekati Anda.

Perlu diingat,bila Anda sedang mendekorasi ruang keluarga berukuran kecil,Anda harus berpikir di mana Anda akan menempatkan aksesori dan furnitur.Anda harus merencanakan sejak awal bagaimana cara memaksimalkan ruang keluarga. Anda bisa coba menggunakan gaya dekorasi modern karena akan membuat ruangan tampak lebih luas.Memutuskan gaya desain yang benarbenar menjadi keinginan Anda pasti akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda.

Penempatan furnitur di dalam ruangan haruslah yang lebih kecil dari ruang agar ruang tidak terlihat sempit atau sumpek. Maksimalkan ruangan dengan sofa panjang,dua tempat duduk dibandingkan sofa besar untuk tempat duduk tamu agar dapat duduk dengan menyenangkan. Ide yang sangat bagus apabila Anda mendekorasi ruangan dengan gaya kesenangan Anda dan menggabungkannya dengan barang-barang koleksi Anda di ruangan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar